oleh

Bahas Program USAID KOLEKTIF, Perwakilan Kemen KP RI Audiensi Bersama Pj Gubernur Safrizal 

BABELEKSPOS.COM, PANGKALPINANG – Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) melakukan kunjungan kerja ke Bangka Belitung untuk melaksanakan audiensi dengan Penjabat Gubernur Babel, Safrizal, ZA pada Senin (27/05/2024).

Bertempat di Rumah Dinas Gubernur, perwakilan Kemen KP datang membawa pembahasan terkait Program United State Agency for International Development Konservasi Laut Efektif (USAID KOLEKTIF). Hal tersebut disambut baik Pj Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kep. Babel, Agus Suryadi.

Diakui Safrizal, bahwa dirinya tertarik hal yang dibahas pada audiensi ini, yaitu mengenai pemanfaatan area konservasi laut yang bekerjasama dengan Kemen KP. Dimana program tersebut sangat bemanfaatan bagi ruang konservasi, penguatan masyarakat sekitar kawasan konservasi, pembinaan kemampuan kapasitas untuk pengelolaan konservasi dan sebagainya.

“Program ini akan diterapkan di lima provinsi di Indonesia ini. Di kita (Babel) sudah menetapkan lima kawasan konservasi yakni tiga di Bangka dan 2 di Belitung, hanya saja belum dikelola secara maksimum atau profesional yang bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah daerah,” jelasnya.

Oleh sebabnya, ia sangat mendukung program tersebut, yang berjalan baik di Papua Barat dan memberikan manfaatnya.

“Tentunya kita juga akan ikut,” ungkap Safrizal.

Sebelumnya, Wakil Direktur Kelautan Perikanan Kemen KP, Firdaus menuturkan, besar harapan pihaknya agar Babel juga mendukung program tersebut. USAID KOLEKTIF sendiri merupakan lembaga bantuan internasional yang berfokus pada area konservasi laut.

“Salah satu tujuannya yakni dalam rangka memperkuat kapasitas pengelolaan yang kompeten, SDM hingga berkelanjutan. Keberadaan kawasan ini juga bisa memberi manfaat untuk masyarakat,” jelasnya. (rel) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *